Polda NTT Menetapkan Lima Tersangka Korupsi RSP Boking

Polda NTT Menetapkan Lima Tersangka Korupsi RSP Boking
KETERANGAN PERS - Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma didampingi Dirkrimsus, Kombes Pol Muhammad Yoris, dan Kabid Humas, Kombes Pol Ariasandy, serta penyidik Subdit Tipidkor saat memberikan keterangan pers terkait kasus korupsi RSP Boking di Polda NTT, Kamis 13 Juli 2023.

WARNA-NTT, KUPANG -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTT telah secara resmi menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Boking, yang terletak di Kabupaten TTS.

Kelima tersangka tersebut adalah BY sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), GA sebagai Konsultan Perencana, MZ sebagai Direktur PT TBJA, AFL yang bertindak sebagai peminjam bendera PT TBJA yang melaksanakan pembangunan RSP Boking, dan HD sebagai Konsultan Pengawas Pembangunan RSP Boking.

Hal tersebut diungkapkan dalam keterangan pers Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma, yang didampingi oleh Dirkrimsus, Kombes Pol Muhammad Yoris, Kabid Humas, Kombes Pol Ariasandy, dan penyidik Subdit Tipidkor di Polda NTT pada Kamis, 13 Juli 2023.

Kapolda Asadoma menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan saksi, dokumen, surat, keterangan ahli, dan laporan hasil audit kerugian keuangan negara Nomor : PE.04.03/LHP-586/PW24/5/2022 Tanggal 29 Desember 2022, ditemukan penyimpangan yang menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 16.526.472.800.

Kelima tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang berlaku bersamaan dengan Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Sebelumnya, Penyidik Subdit Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTT telah memeriksa Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem Piter Tahun, pada Rabu, 3 Mei 2023. Epy Tahun, panggilan akrabnya, saat ini menjadi saksi dalam kasus Pra Pembangunan Rumah Sakit Pratama Boking. Proyek ini dilaksanakan pada tahun anggaran 2017.


(berbagai sumber/tim.warnantt)

Baca Juga
Previous Post Next Post

Editor's Choice

Jangan Lewatkan
Selalu Update Info Terkini
Follow This Blog
Ikuti Updetan Kami di GoogleNews

Simak breaking news dan berita pilihan dari WARNANTT di link "waranntt.blogspot.com". Klik https://warnantt.blogspot.com/ "Bae Sonde Bae, Tanah Timor Lebe Bae" !!!


Halaman Utama