Kadis P dan K NTT: Kita Butuh 3.000 Siswa Kerja Sambil Kuliah di Jerman

Kadis P dan K NTT: Kita Butuh 3.000 Siswa Kerja Sambil Kuliah di Jerman
Foto: Kunjungan Kerja Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Provinsi NTT, Linus Lusi ke SMAN 1 Rote Selatan, Sabtu, 24 Juni 2023.

WARNA-NTT -- BA’A, Dalam Kunker ke SMAN 1 Rote Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Provinsi NTT, Linus Lusi menyampaikan bahwa hingga saat ini diperlukan 3.000 orang siswa lulusan SMA/SMK untuk kerja sambil kuliah di Jerman.

"Saat sekarang baru 100 orang yang diutus ke luar negeri (Jerman), di sana kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja. Kita butuh 3.000 orang siswa lagi ke Jerman," ujar Linus dalam sambutannya di SMAN 1 Rote Selatan pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Ia mengaku, sekolah NTT, di daerah Perbatasan mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

Sehingga, kata dia, perlu ditingkatkan literasi, numerasi dan pembinaan karakter siswa di sekolah-sekolah.

"Tanggal 1 Juli 2023 nanti ada beasiswa Gubernur NTT bekerjasama dengan universitas Presiden di Jakarta. Uang SPPD-nya 42 juta per semester," beber Linus.

Lalu terkait, usulan peningkatan guru honorer menjadi ASN PPPK, Linus menjawab, apabila ada 4 guru yang lulus passing grade, ditempatkan kembali di sekolah semula.

Kemudian, usulan suami istri ASN yang tinggal berjauhan beda pulau, Linus menjawab, sangat bisa dan Linus akan menelepon Bupati dan Kepala BKD serta Kepala Dinas di Rote Ndao dan guru tinggal kirim surat pengajuan mutasi.

"Kalau sekolah di SMAN 1 Rote Selatan lahan masih luas, kita bangun asrama di sini, supaya waktu masuk sekolah kita majukan ke jam 5 pagi," ungkap Linus.

"Pada bulan Agustus 2023, SMA di Kota Kupang akan sekolah jam 5 pagi," tutup dia.

Untuk diketahui, turut mendampingi Kadis P dan K NTT dalam kunker tersebut, Jeri Lian selaku Pengawas Dikmen Kabupaten Rote Ndao.


(berbagai sumber/tim.warnantt)

Baca Juga
Previous Post Next Post

Editor's Choice

Jangan Lewatkan
Selalu Update Info Terkini
Follow This Blog
Ikuti Updetan Kami di GoogleNews

Simak breaking news dan berita pilihan dari WARNANTT di link "waranntt.blogspot.com". Klik https://warnantt.blogspot.com/ "Bae Sonde Bae, Tanah Timor Lebe Bae" !!!


Halaman Utama